Sabtu, 10 November 2012

Pendidikan di Australia


Sistem sekolah Australia

Sekolah di Australia dimulai dengan taman kanak-kanak atau tahun persiapan, diikuti dengan 12 tahun sekolah dasar dan menengah. Di tahun terakhir sekolah menengah (Year 12), Anda dapat belajar untuk ijazah pemerintah yang diakui oleh semua universitas dan lembaga pendidikan dan pelatihan kejuruan di Australia. Ijazah sekolah menengah atas (Senior Secondary Certificate of Education) ini juga diakui oleh banyak universitas di luar negeri.

Mata pelajaran

Australia mempunyai sebuah kerangka kerja kurikulum nasional untuk memastikan standar akademik yang tinggi di seluruh negeri. Semua sekolah menyediakan mata pelajaran dalam delapan bidang pelajaran utama: bahasa Inggris, matematika, pendidikan sosial dan lingkungan, sains, seni, bahasa selain bahasa Inggris, teknologi, serta pengembangan kepribadian, pendidikan kesehatan dan fisik. Sekolah juga mempunyai program bahasa Inggris bagi para siswa internasional untuk mendukung pendidikan mereka.
Di tingkat sekolah menengah, pilihan dan keberagamannya juga meningkat karena sekolah dapat menawarkan berbagai jenis mata pelajaran, yang akan diberikan oleh para pengajar yang sangat berpengalaman dan terlatih, serta menggunakan teknologi terbaru termasuk Internet, peralatan multimedia serta laboratorium.
Banyak siswa menggunakan pendidikan menengah atas untuk memenuhi kualifikasi masuk ke universitas. Sekitar sembilan dari 10 sekolah menengah Australia juga menawarkan program pendidikan kejuruan sebagai tambahan terhadap kurikulum sekolah standar.

Tahun akademik

Tahun pelajaran dibagi menjadi empat triwulanan (“terms”) dan berlangsung dari akhir Januari/awal Februari sampai Desember. Ada libur singkat antar triwulan, dan satu libur panjang musim panas di bulan Desember dan Januari.
Siswa masuk sekolah dari hari Senin sampai Jumat setiap minggu. Jam sekolah sedikit bervariasi di Australia, tapi umumnya mulai pukul 9 pagi sampai 15.30 sore setiap hari sekolah.

Budaya dan olah raga

Kurikulum sekolah Australia mendukung berbagai jenis ketrampilan dan minat siswa. Ketrampilan drama, musik, seni, debat dan bicara di depan publik, selain kegiatan olah raga baik beregu maupun perorangan, semua diperkuat dengan kerja sama dan pertandingan antar sekolah. Sekolah juga mengadakan pendidikan khusus dan program “elit” yang dirancang bagi para siswa internasional yang berbakat istimewa. Pusat-pusat pelajaran dan fasilitas olah raga menawarkan lingkungan yang ideal untuk pengembangan akademik dan pribadi para siswa internasional. Banyaknya jenis olah raga dan artistik yang ditawarkan dapat membantu para siswa mengembangkan ketrampilan organisasional dan kepemimpinan mereka, selain kemandirian dan kepercayaan diri yang baik.

Baccalaureate internasional

Terdapat 24 sekolah pemerintah dan non-pemerintah di Australia yang menawarkan program International Baccalaureate Organisation (IBO). Hanya sekolah diakui resmi oleh International Baccalaureate Organisation (IBO) berwenang untuk menawarkan dua tahun kurikulum pra-universitas bagi para siswa yang berusia 16 sampai 19 tahun. Banyak siswa dari dalam dan luar Australia yang mengambil Diploma IB ini untuk dapat masuk ke berbagai universitas terkemuka di kawasan Asia Pasifik. Namun, siswa yang mempertimbangkan jalur karir kejuruan sebaiknya membicarakan pilihan mereka dengan pihak sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar